Lets Learn With Heart

Knowledge is Useful 4 Our Happiness

Seni dalam pergaulan

Pergaulan yang asli adalah pergaulan dari hati ke hati yang penuh keikhlasan, yang insya Alloh akan terasa sangat indah dan menyenangkan. “Aku Bukan Ancaman Bagimu”, “Aku Menyenangkan Bagimu” dan Aku Bermanfaat Bagimu” indah bukan yuk..! kita gali dan amalkan…

Aku Bukan Ancaman Bagimu

Rasulullah SAW bersabda, “Muslim yang terbaik adalah muslim yang muslim lainnya selamat/merasa aman dari gangguan lisan dan tangannya.”(HR. Bukhari)

a. Hindari Penghinaan, apapun yang bersifat merendahkan ejekan, penghinaan, baik tentang kepribadian, bentuk tubuh dsb, jangan pernah dilakukan karena tak ada masalah yang selesai dengan penghinaan,mencela, merendahkan yang ada adalah persaan sakit hati serta rasa balas dendam.

b. Hindari Ikut Campur Urusan Pribadi, seperti yang kita maklumi setiap orang punya urusan pribadi yang sangat sensitif, yang bila terusik niscaya akan menimbulkan keberangan.

c. Hindari Memotong Pembicaraan, latihlah diri untuk bersabar dalam mendengar dan mengoreksi dengan cara yang terbaik pada waktu yang tepat.

d. Hindari Membandingkan, jangan pernah dengan sengaja membandingkan jasa, kebaikan, penampilan, harta, kedudukan seseorang sehingga yang mendengarkan merasa dirinya tidak berharga, rendah atau merasa tehina.

e. Jangan Membela Musuhnya, Mencaci Kawannya. Bersikaplah yang netral, sepanjang diri kita menginginkan kebaikan bagi semua pihak, dan sadar bahwa untuk berubah harus siap menjalani proses dan tahapan.

f. Hindari Merusak Kebahagiannya, bila seseorang sedang berbahagia, janganlah melakukan tindakan yang akan merusak kebahagiannya.

g. Jangan Mengungkit Masa Lalu, setiap orang memiliki kesalahan yang sangat ingin disembunyikan termasuk diri kita jadi jangan usil untuk mengungkit dan membeberkannya.

h. Jangan Mengambil Haknya, yuk! belajar menikmati hak kita saja agar bermanfaat dan menjadi bahan kebahagiaan orang lain.

i. Hati-Hati Dengan Kemarahan, yuk! mulai berlatih mengendalikan amarah sekuat tenaga dan tak perlu sungkan untuk meminta maaf andaikata ucapan dirasakan berlebihan.

j. Jangan Menertawakannya, ingatlah bahwa tertawa yang tidak pada tempatnya serta berlebihan akan mengundang rasa sakit hati.

k. Hati-hati Dengan Penampilan, Bau Badan dan Bau Mulut, tidak ada salahnya mengontrol penampilan agar orang disekitar kita tidak merasa terusik kenyamanannya dan cenderung ingin menghindari kita.

AKU MENYENANGKAN BAGIMU

a. Wajah Yang Selalu Ceria, Rasulullah senantiasa berwajah ceria, beliau pernah bersabda, “Janganlah terlalu membebani jiwamu dengan segala kesungguhan hati. Hiburlah dirimu dengan hal-hal yang ringan dan lucu, sebab bila hati terus dipaksakan memikul beban-beban yang berat, ia akan menjadi buta”.(HR. Abu Daud)

b. Senyum Tulus. Senyum adalah Sedekah, senyuman yang tulus memiliki daya sentuh yang dalam ke dalam lubuk hati siapapun, senyum tidak dimiliki oleh orang-orang yang keji, sombong,angkuh dan busuk hati.

c. Kata-Kata Yang Santun dan Lembut. Hindari kata yang kasar, menyakitkan, merendahkan, mempermalukan, serta hindari pula nada suara yang keras dan berlebihan.

d. Senang Menyapa dan Mengucapkan Salam, Jabatlah tangan kawan kita penuh dengan kehangatan dan lepaslah tangan sesudah dilepaskan orang lain, karena demikianlah yang dicontohkan Rasulullah. Jangan lupa menjawab salam dengan sempurna dan penuh perhatian.

e. Bersikap Sangat Sopan dan Penuh Penghormatan. Rasulullah jikalau berbincang dengan para sahabatnya selalu berusaha menghormati dengan cara duduk yang penuh perhatian, ikut tersenyum jika sahabatnya melucu, ikut merasa takjub ketika sahabatnya mengisahkan hal yang mempesona, sehingga setiap orang merasa dirinya sangat diutamakan oleh Rasulullah.

f. Senangkan Perasaannya. Pujilah dengan tulus dan tepat sambil dikaitkan dengan kebesaran Alloh atas segala nikmatNya, nyatakan terima kasih dan do’akan, hal ini akan membuatnya merasa bahagia, insya Alloh.

g. Penampilan Yang Menyenangkan, gunakanlah pakaian yang rapi, serasi dan harum. Alloh Maha Indah dan menyukai keindahan tentu saja dalam batas yang sesuai syariat yang disukai Alloh.

h. Maafkan Kesalahannya, jadilah pemaaf yang lapang dan tulus terhadap kekurangan dan kesalahan orang lain, hal itu akan membuat bahagia dan senang siapapun yang pernah melakukan kekhilafan terhadap kita.

AKU BERMANFAAT BAGIMU

Keberuntungan kita bukanlah diukur dari apa yang kita dapatkan tapi dari nilai manfaat yang ada dari kehadiran kita, bukankah sebaik-baik manuasia adalah orang yang paling banyak manfaatnya bagi hamba-hamba Alloh lainnya.

a. Rajin Bersilaturahmi, silaturahmi secara berkala, penuh perhatian, kasih sayang dan ketulusan walaupun beberapa saat, akan memiliki kesan yang mendalam, apalagi membawa hadiah, insya Alloh akan menumbuhkan kasih sayang.

b. Saling Berkirim Hadiah, jangan pernah takut miskin dengan memberikan sesuatu karena Alloh Yang Maha Kaya telah menjanjikan ganjaran dan Jaminan tak akan miskin bagi ahli sedekah yang tulus.

c. Tolong dengan Apapun, bersegeralah menolong dengan segala kemampuan, harta, tenaga, waktu atau setidaknya perhatian yang tulus walau perhatian mendengar keluh kesahnya. Apabila tak mampu maka doakanlah dan percayalah bahwa kebaikan sekecil apapun akan diperhatikan dan dibalas dengan sempurna oleh Alloh SWT

d. Sumbangan Ilmu dan Pengalaman, jangan pernah sungkan mengajarkan ilmu dan pengalaman yang dimiliki. Kita harus berupaya agar ilmu dan pengalaman kita bisa menjadi jalan bagi kesuksesan orang lain.

Insya Alloh jikalau hidup penuh manfaat dengan tulus ikhlas maka kebahagiaan dala bergaul dengan siapapun akan terasa nikmat, Kenikmatan semata karena mengharap Ridha Alloh SWT.

April 13, 2008 - Posted by | Pembangun Jiwa

3 Comments »

  1. Artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://infogue.com
    http://infogue.com/seni_budaya/seni_dalam_pergaulan/

    Comment by anik | April 17, 2008 | Reply

  2. waaaaaaa…. Aa memang jagonya kalo soal isi Blog !

    Comment by mandacutie | April 29, 2008 | Reply

  3. itu yang diajarin Aa Gym kan ya ?

    Comment by mandacutie | April 29, 2008 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: