Lets Learn With Heart

Knowledge is Useful 4 Our Happiness

SISTEM TATA SURYA (Alam Semesta)

fma1600.jpgaccretion16002.jpgcompanion16001.jpgcampfires16001.jpg

Dalam Tata Surya, terdapat sembilan planet besar dengan 61 satelit dan asteroid yang tak terhitung jumlahnya, semuanya berevolusi mengelilingi satu bintang yang bernama matahari. Matahari terletak di pusat Tata Surya.

Sembilan planet ini, yang merupakan bagian dari Solar system (Tata Surya), saling berevolusi mengelilingi matahari dalam sebuah keteraturan. Mari kita ingat kembali nama-nama planet dari yang terdekat dengan matahari: Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto. Jadi, bumi kita adalah planet ke-tiga dari matahari.

Setiap planet di Tata Surya memiliki ciri-ciri yang berbeda. Suhu pada beberapa planet cukup tinggi untuk meleburkan sesuatu. Sedangkan ada diantaranya yang permukaannya tertutup oleh es. Beberapa planet hampir seluruhnya terdiri atas gas. Bahkan beberapa planet berukuran kecil seperti bulan.

Terdapat hubungan yang sangat harmonis antara satelit dengan induknya. (Dalam astronomi, induk adalah sesuatu yang benda lain berkeliling terhadapnya. Matahari adalah induk dari bumi, bumi adalah induk dari bulan). Planet menarik satelit-satelitnya. Satelit juga mengimbangi tarikan tersebut. Tanpa kesetimbangan tersebut, satelit akan menumbuk planet atau pecah dan menghilang angkasa.

Singkatnya, jika bulan berotasi lebih lambat, ia akan tersedot bumi dengan kecepatan sangat tinggi. Ini akan menjadi akhir kehidupan bumi. Dan jika ia berotasi lebih cepat, ia akan menjauh dari bumi dan tak menjadi satelit bumi lagi.

Sekarang mari kita amati matahari, pusat Tata Surya kita.

sunflower1600.jpgsol1600.jpgscorched1600.jpg

Matahari

Matahari adalah benda langit terbesar di Tata Surya. Ia terdiri atas gas yang sangat panas dan berpijar. Setiap detik, terjadi ledakan diseluruh permukaannya, matahari sendiri merupakan bom nuklir yang sangat besar. Ledakan di permukaannya sama dengan energi yang dipancarkan oleh jutaan bom atom. Mereka menghasilkan kobaran-kobaran api yang besarnya 40 hingga 50 kali besar bumi.

Matahari bagaikan bola api yang memancarkan panas dan cahaya yang sangat kuat dari permukaannya. Jika tidak ada matahari, sepanjang hari akan gelap, dan permukaan bumi akan tertutup es. Yang pasti, tidak akan ada kehidupan di bumi ini.

Ruang angkasa (ingatlah kembali film mengenai ruang angkasa) adalah tempat yang gelap, sangat luas, dan kosong. Bumi kita adalah salah satu benda langit di dalamnya, dan tak tidak ada satupun yang cukup dekat untuk menerangi dan memanaskan bumi kita. (Subhanalloh)

Sinar matahari sangatlah terang. Mungkin kamu pernah mencoba menatap matahari di siang yang cerah. Setelah beberapa detik, matamu akan merasa silau bukan? Karena cahayanya yang sangat terang, menatap matahari secara langsung sangat berbahaya bagi mata. Demikian pula berjemur di terik matahari dalam waktu lama di musim panas juga berbahaya. Beberapa bagian kulit kita akan terbakar, dan hanya bisa disembuhkan oleh dokter. Terutama di musim panas, matahari sangatlah panas. Tetapi, jarak matahari jutaan kilometer jauhnya dari bumi kita, dan hanya seper dua ribu dari panas matahari yang sampai di bumi.

Jika suhu bumi cukup panas meskipun jarak matahari dan bumi sangat jauh, dapatkah kamu bayangkan panasnya matahari?

Para ilmuwan sudah memperkirakan besarnya. Namun, kita tidak akan mampu membayangkannya dengan mencoba membandingkannya dengan suhu benda-benda yang kita kenal di bumi. Anggap suhu permukaan matahari adalah 6,000°C (11,000°F). Di bagian tengahnya bisa mencapai 12,000,000 o C (21,600,000o F). Tak ada benda panas mana pun di bumi yang dapat dibandingkan dengannya. Tanganmu sulit menyentuh air yang panasnya 50°C (120°F). Bahkan pada cuaca yang panas, suhunya hanya sekitar 40–50°C (105-120°F). Contoh ini menunjukkan bahwa Allah mengatur dengan sangat tepat jarak antara bumi dengan matahari. Jika matahari sedikit saja lebih dekat dengan kita, segala sesuatu di bumi ini akan layu dan kering karena panasnya dan berubah menjadi abu. Sebaliknya, jika ia sedikit lebih jauh, segala sesuatu akan membeku. Tentu saja, tidak akan ada kehidupan pada keduanya.

Daerah kutub, yang sedikit menerima panas matahari, selalu tertutup oleh es. Sedangkan daerah katulistiwa, dimana sinar matahari yang diterima jauh lebih banyak, selalu panas. Allah telah menciptakan daerah tersebut sebagai contoh untuk kita. Daerah lainnya lebih sesuai untuk hidup manusia. Hal ini menunjukkan karunia Allah kepada kita. Karena, jika Allah tidak menentukan jarak antara bumi dengan dan matahari dengan tepat, kita akan lebih sulit untuk hidup di bumi. Bahkan bisa jadi tak ada lagi kehidupan.

Sebagaimana yang telah dijelaskan, Allah menciptakan Matahari dan Bulan dengan sangat sempurna agar manusia dapat hidup di planet ini. Dalam Al Qur’an, Allah memberitakan bahwa matahari dan bulan bergerak atas perintah Allah:

Allah-lah yang meninggikan langit tanpa tiang (sebagaimana) yang kamu lihat, kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arasy, dan menundukkan matahari dan bulan. Masing-masing beredar hingga waktu yang ditentukan. Allah mengatur urusan (makhluk-Nya), menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya), supaya kamu meyakini pertemuan (mu) dengan Tuhanmu. (Surat ar-Ra’d: 2)

Gaya Tarik Gravitasi Matahari

Benda langit yang tak terhitung jumlahnya bergerak teratur secara sempurna tanpa saling bertubrukan karena Allah menempatkan mereka ke dalam orbitnya dengan tepat. Orbit adalah lintasan sebuah planet atau komet ketika berevolusi terhadap matahari. Tak satu pun planet yang berhenti mengikuti lintasan ini kecuali hilang di angkasa raya. Semua ini karena planet-planet mengalami gaya gravitasi matahari. Ketika kamu membaca tulisan ini, bumi kita bergerak dalam orbitnya dengan kecepatan 108,000 kilometer (700,000 mil ) per jam mengelilingi matahari. Penjelasan berikut mungkin dapat membantumu membayangkan kecepatannya yang dahsyat: kecepatan maksimal sebuah mobil kira-kira 200 kilometer (125 mil) per jam. Artinya kecepatan rotasi bumi mengelilingi matahari adalah 540 kali kecepatan mobil. Contoh lain adalah sebuah peluru bergerak 1,800 kilometer (1,100 mil) per jam. Kecepatan rotasi bumi mengelilingi matahari adalah 60 kali kecepatan peluru.

Karena tingginya kecepatan bumi, gaya tarik gravitasi matahari menjadi sangat penting. Jika matahari mengurangi kekuatan gravitasinya, kita akan melayang-layang di angkasa bersama bumi kita. Hal ini akan mengakhiri keberadaan bumi …

Di sisi lain, jika matahari menambah besar gaya gravitasinya, bumi kita akan tersedot oleh matahari dan melebur. Tentunya kita pun akan musnah. Selain itu, gaya tarik gravitasi matahari juga menjaga planet-planet dalam lintasan/orbit yang benar sehingga terhindar dari tabrakan antar sesamanya. Namun, pernahkah kamu bayangkan bagaimana matahari menarik planet-planet tersebut?

Jawabannya sangat jelas. Adalah Allah Sang Pencipta, Yang Agung dalam Keperkasaan-Nya, Yang menciptakan dan senantiasa memelihara keseimbangan ini.

Selain itu, tidak hanya matahari yang memiliki gaya tarik gravitasi. Planet-planet di Tata Surya juga memiliki gaya gravitasi sendiri-sendiri. Misalnya, gaya gravitasi bumi terhadap bulan. Karena gaya gravitasi ini, bulan terus berada pada jarak tertentu. Karenanya, bumi tidak bertabrakan dengan bulan. Tak diragukan, Allah dengan KekuasaanNya yang maha luas telah mencegah Bulan menimpa Bumi.

Ada gaya gravitasi lain yang mirip dengan matahari, yang khusus dirancang untuk kehidupan manusia. Ia adalah gaya gravitasi bumi yang memberi kita berat badan. Gaya gravitasi, yang kita ketahui sebagai berat badan kita, membuat kita tetap berada di muka bumi dengan kemampuan berjalan dan berlari dengan mudah tanpa melayang ke angkasa.

Bayangkan sebuah bola di tanganmu. Apa yang terjadi ketika kamu melepaskannya? Bola itu jatuh, bukan? Karena gaya gravitasi menariknya ke tanah. Namun, jika kamu tinggalkan bola itu di angkasa raya, bola itu tak akan jatuh karena gaya gravitasi disana lebih kecil. Oleh karena itu, keberadaan gaya gravitasi yang lebih besar di bumi sangat penting bagi kita.

Masih ada satu hal penting lain mengenai gravitasi: Gravitasi tidak boleh melebihi ataupun kurang dari yang seharusnya. Jika kurang, kamu akan berjalan di udara, dan tak mampu menyentuh lantai dengan kakimu. Kamu tak akan bisa bergerak seperti yang kamu mau; kamu selalu melayang dari satu tempat ke tempat lain, akan memantul ketika melangkah dan menjejakkan kaki di langit-langit. Jika gaya gravitasi lebih besar, kamu tak akan mampu berjalan karena kamu terperosok ke dalam tanah. Maka, kamu hanya akan bisa merangkak pelan sepanjang jalan.

Saat ini, yang terjadi tidaklah demikian; Allah telah menentukan kekuatan gaya gravitasi yang tepat bagi kita.

Contoh berikut mungkin akan membantu kamu memahaminya: bulan, seperti halnya bumi, juga memiliki gaya gravitasi. Namun, gaya tarik gravitasi ini lebih kecil dari pada yang dimiliki oleh bumi. Karena itu, kamu tidak mungkin dapat bertahan di bulan. Kamu mungkin pernah menyaksikan di TV bagaimana seorang astronot berjalan di bulan. Dapatkah kita terus hidup dengan cara demikian? Tentu saja tidak.

Sekarang marilah kita lanjutkan perjalanan kita dengan mengunjungi planet-planet yang berada di dalam wilayah pengaruh gravitasi matahari.

 bumi-kita2.jpgbumi-kita.jpgbumi-kita3.jpg

Planet

Telah disebutkan sebelumnya bahwa planet adalah benda langit yang berevolusi mengelilingi bintang. Dibagian ini, akan kita amati planet-planet di tata surya dimana bumi kita berada. Jika kita menganggap bahwa tata surya adalah lingkaran, matahari tepat di tengahnya.

Pluto adalah planet di lingkaran terluar. Pluto adalah planet terkecil dan terjauh dari matahari. Sangat sulit mengamati planet ini, bahkan teleskop Hubble hanya mampu menunjukkan sekilas permukaannya. Planet ini sungguh merupakan tempat yang dingin. Suhunya sekitar -238 o C (-396 o F). Di musim dingin, ketika suhu permukaan bumi sekitar -2 atau -3 o C (28 atau 26 o F), maka akan membeku. -238 o C (-396 o F) adalah 100 kali lebih dingin daripada suhu bumi terdingin untuk kita bisa hidup walau sulit. Kedinginan itu akan mengakhiri hidup kita. Dari sisi luar, Pluto nampak seperti bola yang tertutup es.

Mendekati matahari, kita akan menjumpai Neptunus. Planet ini juga sangat dingin; suhu permukaannya sekitar -218°C (-360°F). Atmosfernya mengandung gas yang beracun bagi manusia. Disamping itu, badai yang kecepatannya mencapai 2.000 kilometer (1,250 mil) per jam bertiup di permukaannya.

Bergerak kembali ke matahari, di tengah-tengah lingkaran, kita temui Uranus. Uranus adalah planet terbesar ke-tiga di Tata Surya. Suhunya -214oC (-353oF), berarti planet ini sudah cukup dingin untuk membekukan kita dalam sedetik. Atmosfirnya mengandung gas beracun yang tentunya tidak akan memberikan kehidupan.

Jika perjalanan kita teruskan ke arah matahari, akan kita jumpai Saturnus. Ia adalah planet terbesar kedua dalam tata surya, dikenal dengan cincin yang melingkarinya. Cincin ini terbuat dari gas, batu-batuan, dan es. Suhu planet ini sekali lagi tidak sesuai bagi kehidupan manusia: -178°C (-288°F).

Semakin mendekati matahari, kita berjumpa dengan Jupiter, planet terbesar dalam Tata Surya. Jupiter adalah planet yang besarnya 11 kali planet bumi. Keadaan planet ini pun tidak sesuai untuk hidup, dan merupakan tempat yang sangat dingin.

Setelah Jupiter adalah Mars. Mars adalah planet mati yang tidak pernah dibandingkan dengan bumi. Tidak ada kehidupan di Mars. Ada beberapa alasan: Pertama, atmosfir Mars merupakan campuran mematikan yang mengandung karbon dioksida pekat. Kedua, tak ada air disana. Ketiga, suhu di Mars sekitar -53oC (-63oF). Terakhir, terdapat angin yang sangat kuat serta badai pasir yang terjadi setiap saat.

Planet biru yang muncul setelah Mars adalah Bumi. Kita akan membicarakannya di bab terakhir buku ini. Sementara itu, ingatlah anak-anakku, Bumi adalah satu-satunya planet yang memungkinkan bagi adanya kehidupan.

Semakin dekat ke matahari, pencarian kita akan sampai di planet Venus. Venus merupakan bintang paling terang setelah matahari dan bulan. Karena itulah, manusia telah mengenalnya sejak lama. Meskipun planet-planet yang sama jauhnya dengan Venus juga telah dikenal oleh manusia, Venus memiliki terang yang tak tertandingi baik pada waktu pagi maupun malam. Kebalikan dari planet-planet lain, Venus sangat panas. Suhu permukaannya mencapai 450oC (840oF), cukup untuk meleburkan segala sesuatu. Ciri lain dari Venus adalah ketebalan atmosfirnya yang terdiri atas lapisan karbon dioksida. Selain itu, atmosfir Venus memiliki lapisan asam setebal beberapa kilometer. Tidak ada satupun makhluk hidup yang dapat hidup disana walau sedetik.

Kita tinggalkan Venus, kita temui Merkurius, planet yang paling dekat dengan Matahari. Rotasinya sangat lambat karena dekat dengan matahari sehingga planet tersebut hanya membuat tiga putaran penuh selama dua kali berevolusi mengelilingi matahari. Inilah mengapa salah satu sisi Merkurius sangat panas sedangkan sisi lainnya sangat dingin. Perbedaan malam dan siang pada Merkurias sebesar 1,000oC (1,800oF). Tentu saja lingkungan seperti ini tak mendukung adanya kehidupan.

Perjalanan kita sejauh ini menunjukkan bahwa selain bumi, tak ada satupun planet di Tata Surya yang memungkinkan bagi kehidupan. Semuanya tidak memiliki kehidupan dan tak berpenghuni. Namun, Bumi kita adalah planet yang menyediakan segala sesuatu yang diperlukan untuk hidup. Dengan hijaunya hutan dan birunya laut, ia nampak sangat cantik dari angkasa. Astronot pertama yang sampai di bulan kagum oleh pemandangan penuh warna dan cerah yang dimiliki bumi kita.

 winterborn1600.jpg

Benda Langit Lainnya

Benda langit lain di Tata Surya adalah komet, asteroida, dan meteorit. Semuanya adalah benda-benda langit yang tersisa dari nebula ketika pembentukan Tata Surya empat sampai enam milyar tahun yang lalu.

- Komet terbentuk dari gas dan debu-debu terpadatkan. Kadang-kadang, orbitnya membawa mereka mendekati matahari. Ketika komet mendekati matahari, permukaannya menjadi menguap karena panas. Penguapan ini menimbulkan cahaya terang. Bola besar dari gas dan debu muncul disekitar inti. Bola gas dan debu ini disebut “coma.” Terdapat juga ekor gas dan debu yang terhubung ke “coma”.

- Meteor adalah batu-batuan di angkasa. Biasanya, mereka teramati di antara orbit Mars dan Yupiter. Beberapa diantara mereka, diameternya mencapai 1,000 kilometer (620 mile).

- Meteorit adalah benda langit padat yang jatuh ke bumi dari angkasa. Kepingan batu, atau campuran batu dan besi, terpisah dari meteor atau komet. Misalnya suatu ketika bumi melintasi awan debu yang tersisa dari komet, benda dalam awan debu tersebut akan terbakar di atmosphere. Mereka terbakar ketika memasuki atmosfer bumi dan meninggalkan garis terang cahaya di langit. Inilah yang dinamakan meteor. Kadang-kadang, jika mereka tidak habis terbakar, meteor akan menumbuk bumi. Meteor-meteor yang dapat mencapai bumi dinamakan aerolit atau meteorit.

Renungkanlah satu hal penting di sini: meteor yang mencapai atmosphere kadangkala bisa sampai di bumi. Saat mereka jatuh, kerusakan yang diakibatkannya berbeda-beda, tergantung pada besarnya. Bumi kita sangat mungkin kejatuhan meteor setiap saat, akan tetapi Allah telah menciptakan mereka secara khusus sehingga mereka selalu terbakar dan musnah di atmosphere sehingga tidak membahayakan kita. Allah melindungi kita dengan menunjukkan kemurahan dan kasih sayangNya.

Sekarang kamu harus yakin bahwa Allah mengendalikan semua benda-benda langit, yang kecil maupun besar, dan memerintahkan mereka setiap saat dengan terencana dan teratur.


March 21, 2008 - Posted by | Tafakur

120 Comments »

  1. terima kasih infonya
    semakin menunduk memandang kebesaran Allah SWT

    Comment by realylife | March 22, 2008 | Reply

  2. bbbbbbbbbbbaaaaaaaagggguuuuuuuuuussssssssssss

    Comment by dani | October 27, 2008 | Reply

  3. maha Besar Allah SWT, yg telah menciptakan dunia ini….

    Comment by sarahtidaksendiri | October 31, 2008 | Reply

  4. tank’s yua buat berita nyata’nya….
    buat kaum non islam,renungilah siapa TUHAN mu….
    berTOBATlah…….

    Comment by alva centaury | December 19, 2008 | Reply

  5. gambarnya keren banget…
    jadi terharu ngeliatnya

    Comment by raisah | December 20, 2008 | Reply

  6. keyenzzzzzzzzzzzzzzzzzz

    Comment by Laraz | December 23, 2008 | Reply

  7. Spa yG bkin web ini bGus bgT…

    tpi msh ad yg blom lngkap pas gw bca smuny…

    misalny:

    planet pluto dah g d masukkan di sistem TATA SURYA lagi
    krna trlalu jauh dri predaran TATA SURYA

    gw mhon utk dilengkapkan dan dibenarkan

    sekian dan trima kasih…..

    by : Radit

    Comment by RaDiT'NineTeEN | January 8, 2009 | Reply

  8. nahh… ini nih yang ku cari and ada gammbarnya pula.
    makasih ya atas informasinya.

    Comment by Iyan | January 20, 2009 | Reply

  9. wah !@! ini adalah pengetqhuan yang luar biasa. thanks ya Google

    Comment by ARTISA RIZKY J. | February 2, 2009 | Reply

  10. mohon untuk di perjelas gambar planet nya pasti akan lebih sempurna!!! thanks google

    Comment by ARTISA RIZKY J. | February 2, 2009 | Reply

  11. Thanks y atas infonya jd, q bs bikin makalah dech

    Comment by nita | February 10, 2009 | Reply

  12. msa spt itu?????

    Comment by agus | February 11, 2009 | Reply

  13. kerennnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn
    nnnnnnnnnnnnnnnnnnnn
    nnnnnnnnnnnnnnn

    Comment by agus | February 11, 2009 | Reply

  14. sungguh
    maha
    besar
    ALLAH SWT

    Comment by anynd | February 14, 2009 | Reply

  15. subhanallah, ternyta dunia tu indah ya? tp syg skrg pluto dah d gugat.. trus da yg gantiin ga?

    Comment by mei_wie_pus | February 24, 2009 | Reply

  16. top banget
    jgn lp ditambah terus

    Comment by abbing | February 26, 2009 | Reply

  17. bagus banget

    Comment by shelvia | February 26, 2009 | Reply

  18. bagus

    tpi di perluas lagi y biar w bsa dtang k situs nie lagi en nambh2 fd w

    pkokny bbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggguuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuussssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss

    Comment by siska | February 27, 2009 | Reply

  19. menurutku sih itu benar

    Comment by m.kharis aditya | March 2, 2009 | Reply

  20. Allahu Akbar. Allah yang menciptakan dan Allah pula yang mengatur.Manusia yang mempelajari,meski hanya sedikit sekali. Beberapa dasawarsa yang lalu para ahli sepakat menganggap Pluto sebagai salah satu planet dari tata surya kita.Tetapi sejak Agustus 2006 para ahli sepakat menganggap Pluto bukan termasuk planet.Semua sah2 saja.Soal pemberian nama kan diserahkan pada manusia? Karena sudah jadi kesepakatan,kita ya ikut aja, bahwa tata surya kita terdiri satu matahari, 8 planet dan benda-benda langit yang lain.OK?

    Comment by tukiyar | March 6, 2009 | Reply

  21. Beruntunglah kita lahir dari rahim umi shg kita diberi Al Qur’an dan hadits nabi! Viva !

    Comment by iwan sukmayadi | March 19, 2009 | Reply

  22. HOHOHO,, thanxx banget buat artikelnya,,
    bisa bantu-bantu buat ngerjain tugas,,

    thanxxx..
    thanxx
    BANGET .. :)

    Comment by Greyy n Satelit | March 21, 2009 | Reply

  23. Iya,sih…tapi kan pluto udah dikluarin dari sistemtata surya?

    Comment by tukiyar | March 26, 2009 | Reply

  24. bagus bagus tapi kurang meresap

    Comment by riki | March 30, 2009 | Reply

  25. bukan baju dalammu tapi tempat tinggalmu

    Comment by adhit | March 30, 2009 | Reply

  26. subhanallah

    Comment by geri mardhiana fikri | April 5, 2009 | Reply

  27. mantappppppppppp juga yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    Comment by Danel | April 7, 2009 | Reply

  28. maha besar kuasaan ALLAH SWT . . .
    yang telah mengatur sistem tata surya dengan sempurna . . .
    & thankkkk utha nyiapin artikel ini

    Comment by joevie | April 9, 2009 | Reply

  29. hello, i cant undertand what are you talking about? i cant read!

    Comment by doraemon | May 12, 2009 | Reply

  30. sebaik baiknya ciptaan adalah ciptaan allah swt,,,MAha sempurna Allah!!!! allahuakbar!!!

    Comment by pyan | June 23, 2009 | Reply

  31. bagus uey….. jadi makin tau deh..

    Comment by andrey | August 23, 2009 | Reply

  32. Tq banget udah bantuin buat tugas anak ku…

    Comment by Onya | August 26, 2009 | Reply

  33. makasih infonya, sungguh maha besar yang dapat mengatur semua benda di semesta alam dan bersyukurlah mereka yang dapat mengungkap pengetahuan tentangnya

    Comment by Nursila | September 10, 2009 | Reply

  34. tq ya q sangat butuh ini hehe… @_@’

    Comment by hamas al-asad | October 7, 2009 | Reply

  35. kamu sendirian?tidak aku punya saudara .. dimana saudaramu? aku yakin lereka ada… tapi sepertinya tidak ada bukan?mereke belum sepaham… waktumu terbatas bukan? lalu kenapa masih pikirkan saudaramu?aku menyayangi saudaraku lebih dari diriku sendiri seperti rasulullah saw. mengajarkannya …..amiin …

    Comment by osboune | October 12, 2009 | Reply

  36. manusia ga ada yang sempurna.. tapi gimana caranya kita mencintai dengan cara yang sempurna ………..???

    Comment by osboune | October 12, 2009 | Reply

  37. tolong dijelaskan proses terjadinya alam semesta dikaitkan dengan islam…….?

    Comment by budimansyah | October 13, 2009 | Reply

  38. Allham dullillah ats rahmatmu! ra

    Comment by wahyudin | October 15, 2009 | Reply

  39. subhanallah.
    sungguh bila,kita renungi,kita ini sungguh kecil,ibarat sebuah bakteri.
    sungguh allah memang maha sempurna.dgn kita membaca artikel diataz moga kita semua menambah iman kita pada allah swt.

    Comment by mamad | October 19, 2009 | Reply

  40. Thanks ya…informasinya…
    Subhanallah,Maha besar Allah….Betapa durhakax manusia di bumi yg merusak alam semesta ini….

    Comment by indah eka | October 27, 2009 | Reply

    • halo mbah indah.knalan dong

      Comment by lintar | November 9, 2009 | Reply

  41. Ternyta Tuhan hebat….
    Dia bisa menciptakan ini…
    keren…

    Comment by Aru | November 4, 2009 | Reply

  42. سبحان الله … الله آكبر …
    kita begitu kecil seperti atom…
    jika kita melihat google earth saat bumi kita -zoom sampai 39588.02 mi. elev -10419 ft dari tempat lokasi kita bertempat, mka kita akn merasa malu dan berdosa.
    disitulah kita terlihat sangat tak berdaya…
    والله آعلم…

    Comment by yuhcamella | November 10, 2009 | Reply

  43. ghikuyoiupoip;uio

    Comment by d4rwis | November 22, 2009 | Reply

  44. bite…..??
    q bersyukur telah diberi hidayah telah di tunjukanya informasi ini

    Comment by anasikul amin | November 25, 2009 | Reply

  45. bagussss n lengkappp bangett ………
    pkonya keren abiiissss.,.,.,.,.,.,.,.,.

    Comment by yana | December 9, 2009 | Reply

  46. maha besar ALLAH tuhan yang memiliki semuanya, kita hanya bisa bersyukur dengan pa yang diberikannya !!!!!!!!!
    tak ada yang menandinginya sungguh maha sempurna !!!!!!!
    I LOVE ALLAH

    Comment by lika indah sari | December 11, 2009 | Reply

  47. ass.wr.wb
    baaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaggggggggggggguuuuuuuuuuuussssssssss bbbbbbbbbbaaaaaaaannnnnnnnnnnnngggggggggeeeeeeeeetttttttttzzzzzzzzzzzzzz kta bsa nmbah pngetahuan kita tentang tata surya

    Comment by leni | December 22, 2009 | Reply

  48. subhanallah…

    Comment by muhklis chaniago | December 24, 2009 | Reply

  49. bgus n kren sy suka tpkasih tau jg besar planet-planet itu !?

    Comment by heriyanto | December 27, 2009 | Reply

  50. gila keren abizzzzz klo bsa baca terus kyanya asik tp di tambahin fotonya biar tambah kerenZZzzzzZzzzz

    Comment by audi nadhifah ramadhiani | December 27, 2009 | Reply

  51. Nah, blog yg kaya’ gini yg sy suka, membuat kita smakin yakin pd kehebatan Allah. Dan yg lebih sy suka lagi, kalo sy diijinkan utk nyulik gambar matahari di atas, boleh kan? hehe, anu..buat saya masukin di artikel sy yg ini: http://littlecompany.wordpress.com/2009/12/15/lewati-hari-tanpa-matahari/
    Boleh ya?

    Comment by little company | December 29, 2009 | Reply

  52. seandainya tidak ada semua ini gimana yaaaaah….!!!!!!!!!!!!!!!1

    Comment by anzor | January 8, 2010 | Reply

  53. bagus deh di adain situs kya gni biar nmbah pngetahuan di era globalisasi ini …

    Comment by rizna | January 24, 2010 | Reply

  54. subhanallah sungguh luas alam ini
    ini membuktikan bahwa allah itu maha besar,maha kuasa,pokonya maha segalanya deh.
    semoga semua orang membaca artikel tadi supaya mereka mereka yang durhaka kepada allah menjadi insyaf , amin

    Comment by dian rizky pratama dewi | January 30, 2010 | Reply

  55. amieeeeeeeeen

    Comment by adios duzenk | February 1, 2010 | Reply

  56. buaguez bua….n.g..ett
    chuyy

    Comment by ndhay | February 4, 2010 | Reply

  57. biasa biasa aja

    Comment by astor | February 5, 2010 | Reply

    • idihg kaya gitu biasa ja…/ u sharus.a bannga kpda sang pencipta..?

      Comment by zaeny | May 14, 2010 | Reply

  58. waw bnr2 narik perhatian . makanya itu aku suka fisika, sungguh luar biasa alam semesta ini. subhanallah

    Comment by ivana nabila | March 13, 2010 | Reply

    • hehehe……… cayoooo fisika, tetap istiqomah !!!!!!!!!!!

      Comment by Anty Rianty Kalib | July 15, 2010 | Reply

  59. allahuakbar betapa besarnya allah dengan seluruh ciptaan nya
    dia lah yang memberikan sesuatu yang manusia butuh kan betapa mulianya dia !!!

    Comment by sabilil rosyad al kafizd | April 22, 2010 | Reply

  60. baguz bungggggggggeeeeeettttzzzz……..

    Comment by rizka | April 25, 2010 | Reply

  61. subhanallah betapa besarnya kekuasaan allah
    saMPE2 BULU KUDUK W BERINDING

    Comment by AYU | May 11, 2010 | Reply

  62. subahannallah…? betapa besar kuasa mu….? sampe q bener2 gemeteran..?

    Comment by zaeny | May 14, 2010 | Reply

  63. Subhanallah, Alhamdulillah

    Comment by HENDRO SOEPROBO | May 15, 2010 | Reply

  64. keren bgtzzz… seraaaaaaammmmmmmmmmmm…….

    Comment by chacha | May 23, 2010 | Reply

  65. mmmhh bagus…

    Comment by robi mardani | June 1, 2010 | Reply

  66. SubhanaAllah…..

    Comment by Abdullah | June 2, 2010 | Reply

  67. menurut saya memang banyakhal yang ajaib
    n saya hanya percaya kepada allah
    allah maha kuas

    Comment by tria | June 4, 2010 | Reply

  68. ALLAH MAHA BESAR ATS SEGELA KEAGUNGAN DIRIMU

    Comment by tria | June 4, 2010 | Reply

  69. WUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUZET ALLAH MEMANG DAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAASYAT

    Comment by AYU | June 4, 2010 | Reply

    • MEMANG

      Comment by AYU | June 4, 2010 | Reply

  70. HAIIII!MAUNY4 MAIN GAMES TAPI GAK ADA DUIT

    Comment by LINTANG | June 4, 2010 | Reply

  71. YA ALLOH AKU LIAT THU TADI JADI PENGEN TOB4T NIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIH

    Comment by LINTANG | June 4, 2010 | Reply

  72. MEMANG ALLAH MAHA KUAAASA!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Comment by tria | June 4, 2010 | Reply

  73. masya allah bagus bangetttttttt!!!!!

    Comment by tria | June 5, 2010 | Reply

  74. allohuakbar…….kita harus bersyukur atas anugrah ini…subhannalah….semoga,sdrku,dipalestine,bisa tau anugrah yang indah ini…amin

    Comment by ali azzam | June 6, 2010 | Reply

  75. wwwwwwwwwwwwwwwwwwaaaaaaaaaaawwwwwwwwwwww……..
    hebat banget yg tlah menciptakan ini semua….?????
    yaitu ALLAH SWT.

    Comment by ATIKA | June 9, 2010 | Reply

  76. q ska tentang planet” gt. so,cp aj yg mw jd tmn q

    Comment by yolanda | June 19, 2010 | Reply

  77. memang kita harus mengakui kebesarannya….

    Comment by nzens gonzales | July 4, 2010 | Reply

  78. speachless…bgus..bgus..bgus..

    Comment by anisa | July 6, 2010 | Reply

  79. Selamat Datang di InfoDahsyat.com/uangpanas

    Info Dahsyat Menambah Saldo Rekening Bank Anda..!!
    Cara Mudah Menghasilkan Uang Dengan Cepat dan Otomatis
    Ratusan Ribu Hingga Jutaan Rupiah Setiap Hari Dengan Cara Yang Mudah.
    Mungkin anda adalah orang
    yang memiliki masalah :

    – Stres
    – Butuh Uang
    – Terancam PHK
    – Memiliki Banyak Hutang
    – Penghasilan Tidak Cukup
    – Kesulitan Cari Kerja, dll
    Dapatkan Penghasilan Rp 20 – 70 Juta/Bulan.Tanpa Kerja Keras Hanya Online 30 Menit Sehari.
    Temukan Solusi Masalah Hidup Anda
    Dengan MengeKLIK Link Dibawah Ini:
    Kunjungi Website :

    http://infodahsyat.com/uangpanas

    Terimakasih,

    Best Regards
    EKO SUSANTO
    ekosusan@rocketmail.com
    085695196457

    Comment by Rahasia Dapat Rp 70.000.000,-/Bulane | July 12, 2010 | Reply

  80. Subhanallah… AllahuAkbar.. bgtu cintanya Dia kpda ummatnya dengan mengatur peredaran Tata Surya dengan bgtu hebatnya.
    Apa jadinya jika matahari dimajukan atau dimundurkan sedikit saja dari bumi???
    apa jadinya jika Gaya gravitasi Bumi ditambah atau dikurangi sedikit saja??? Hannnnccuuurrrrlah kita semua penghuni Bumi.
    namun mengapa…. kalian wahai ummat manusia, begitu angkuhanya kamu berjalan dimuka bumi ini????? sapa dirimu….??? kamu hanyalah atom terkecil yang dimiliki olehNya..
    Remember, hidup hanyalah Sementara !!!!!!!!!!!!!

    Comment by Anty Rianty Kalib | July 15, 2010 | Reply

  81. LUR BIASA………..

    Comment by emilia rahmawati | August 26, 2010 | Reply

  82. petani jabon mampir nich,,,
    salam….

    Comment by jabon | August 30, 2010 | Reply

  83. subhanallah,maha besarmu ya robbi

    Comment by uu undiana | September 8, 2010 | Reply

  84. Subhanallah… AllahuAkbar !

    Sesungguhnya kita semua ( all makluk hidup Ciptaan-Nya )adalah seperti Track Mp3/Mp4 yang hanya dapat diputar sementara & berlalu begitu aj deh…! Kita tinggal pinggin jadi seperti(Music/Vidio) Track Mp3/Mp4 yang Baik ato…He he he….pilih Sendiri aj ya ? Thanks.

    Ingatlatlah Kalian akan Pusat dari Segala-Nya Kehidupan….!
    Subhanallah… AllahuAkbar !

    MaturNuwun.

    Comment by sunardi | September 13, 2010 | Reply

  85. Allah huakbar betapa besar nya kekuasaan allah menciptakan semua ini bagi allah ini sangat mudah tetapi jika kita yang melakukan pasti sangat sulit bahkan tidak mungkin subhanallah kebesaran allah telah diperlihatkan di sini bahkan masih banyak hingga ke detil detilnya

    Comment by muhamad fadlan husni | September 14, 2010 | Reply

  86. waw subhanallah maha suci allah yg telah membuat tatasurya dan lain nya
    subhannallah, ckckckckckckckckckckck :D

    Comment by savira nurcahya putri | September 15, 2010 | Reply

  87. subhanallah ……………
    wah ada sahabat ku ngomentar hihihihi :D

    Comment by savi moo | September 15, 2010 | Reply

  88. waw subhanallah alla maha pencipta segalanya
    ckckckckck :) :D

    Comment by savira nurcahya putri | September 15, 2010 | Reply

  89. tidak ada kata-kata dan ungkapan , selain “ALLAHU AKBAR”

    Comment by SYAIFUL B | October 28, 2010 | Reply

  90. Allah maha besar…….. betapa kecilnya kita di dunia ini.

    Comment by gomblle | November 2, 2010 | Reply

  91. Waw Lengkap Bangedt ndek sni =)
    Aq Suka Hhe Mumpung Ndek Sini Aq Mw Nyarik Tugas Tntang Tata Surya

    Comment by Alifah | November 5, 2010 | Reply

  92. asalamu alaikum
    artikelnya bagus,minta izin save untuk teman-temanku,jazakiallah kuluh kheirat

    Comment by indofal | November 26, 2010 | Reply

  93. terima kasih atas infonya……………………………….

    Comment by WAHYU | November 30, 2010 | Reply

  94. bagus tetapi tulisanya yg beraturan ya trims……….

    Comment by WAHYU | November 30, 2010 | Reply

  95. subhanallaaahhhhh…

    my god is the best :) :) :)

    Comment by Emy RayReady | December 8, 2010 | Reply

  96. waaaahhhhhh,,,,, thanks yua atas infonya,,,,
    skarang jadi lebih paham dehhh,,,,
    dan jadi pnya pnambahan ilmu,,,,

    Comment by rasita | December 17, 2010 | Reply

  97. Dgn khndaknya mliputi kursinya serta langit dan bumi.tdk sukar baginya mnjga keduanya ia maha tnggi lg maha prkasa.

    Comment by deni | December 21, 2010 | Reply

  98. subhanallah

    Comment by siva | December 23, 2010 | Reply

  99. wwwwwwwwwwwwwaaaaaaaaaaaawwwwwwwwwwww ppplllaaannneeettt mmmeeemmmaaannnggg bbbbbbaaaaaagggguuuussss yyyyyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    Comment by desiiiiiiii | December 30, 2010 | Reply

  100. gw tertarik banget ama tata surya ini gw pngin lebih tw tentang tata surya ni thanks ataz informasi ini gw harap ama lo yang blm tw tntang tata srya maka cpet belajar ya

    ezya

    Comment by ezya | January 1, 2011 | Reply

  101. saking maha kuasa nya allah mencipta kan alam semesta kita ini

    Comment by fajri | January 3, 2011 | Reply

  102. keren 3x

    Comment by indra | January 13, 2011 | Reply

  103. :\:P:D:):(:*^_^:3

    Comment by Fadli | January 20, 2011 | Reply

    • :P :D :\ :) :(
      :* :3 ^_^

      Comment by Fadli | January 20, 2011 | Reply

  104. it’s really cool and amazing, but you miss the pluto planet!? why it go out from this???? :) -,- ?,?

    Comment by amanda | February 10, 2011 | Reply

  105. wah, , bisa nambah ilmu nih, , makasih yah, , mhon ijin utu di copy wat tugas juga , makasih bgd

    Comment by rifayanu al aziiz | February 20, 2011 | Reply

  106. planet pluto hilang di telan ayam ya
    jadi wahai manusia jangan spelekan ayam, because chiken bisa menelan planet

    Comment by imam | March 2, 2011 | Reply

  107. thx atas infonya nd baguuuuuzzzzz buangeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeetttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt

    Comment by syifa | March 7, 2011 | Reply

  108. KEREN BANGET !

    Comment by yhani | March 9, 2011 | Reply

  109. artikel ini bisa membuat kita semakin mendekatkan kita kepada allah saw

    Comment by mikhael zein fitto | March 9, 2011 | Reply

  110. betul-betul-betul :/

    Comment by gusty | March 13, 2011 | Reply

  111. tata surya adalah kumpulan benda langit yang terdiri dari bintang yang disebut matahari dll …………………………………………………………………………………………………………………………………………………/

    Comment by ayub prakoso | March 20, 2011 | Reply

  112. kerennn

    Comment by Ivan Phanderson | April 6, 2011 | Reply

  113. kereennnnnnn :P :D :\ :) :(
    :* :3 ^_^

    Comment by Ivan Phanderson | April 6, 2011 | Reply

  114. -_- <3 :v :O

    Comment by Ivan Phanderson | April 6, 2011 | Reply

  115. dwadawdwaa

    Comment by fani Phanderson | April 6, 2011 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: